Hai kawan, jumpa lagi nih kita. Kali ini saya ingin membagikan info tentang Microsoft Excel. Ini adalah sebuah tugas program studi akuntansi di salah satu universitas di jawa timur. Ceritanya waktu itu saya diminta tolong sama pacar saya (ceilah) untuk membantu dia mengerjakan tugas, karena dia tidak paham menggunakan excel ini. Jadi, dengan suka rela dan sedikit malas malasan saya buat, dan akhirnya selesai.

        Tugas ini saya bagikan dengan tujuan, mungkin saja ada seseorang yang sedang mendapatkan soal seperti ini dan membutuhkan contoh penyelesaiannya. Bisa langsung di salin atau-pun dipelajari dulu, it's up to you. Di bawah ini saya sertakan contoh soalnya (di file yang saya share juga sudah ada jawabannya btw):

1 Ketik tabel sebelah pada tabel diatas


2. Sampai Tujuan
        Jika Kode A maka Nama Kue Blackforest
        Jika Kode B maka Nama Kue Rainbow cake
        Jika Kode C maka Nama Kue Risoles
        
4. Harga dan packing
        lihat tabel 1 di samping !

5. Disc
        Jika Kode 01 maka Disc = 10% dari harga / buah * jumlah pesan
        Jika Kode 02 maka Disc = 15% dari harga / buah * jumlah pesan
        Jika Kode 03 maka Disc = 20% dari harga / buah * jumlah pesan

6. Total Bayar
        Harga X jumlh pesan - Disc

6. Carilah :
        jumlah pesanan tertinggi dan 
        jumlah pesanan tanggal 18 Februari 2013 saja

7. cari Jumlah pesan dan total bayar menurut Tanggal
8. CariTotal Bayar menurut kategori Kue

            
            Kawan-kawan juga bisa melihat soal-nya pada tampilan dibawah ini, dan mengunduhnya pada link dibawah ini:

Link download : https://safeku.com/5vz9iixU